Selasa, 20 April 2010

Mari Maju Para Wanita Indonesia


Sesuai hari ini, Hari Kartini.
Kami pecindo mau ingetin temen2 pada seorang pejuang bangsa Indonesia.
Ibu Raden Ajeng Kartini yang lebih tepatnya disebut Raden Ayu Kartini ini lahir di Jepara, 21 April 1879 (sumber:tokohIndonesia.com).
Buku yang paling terkenal dari R.A.Kartini adalah buku yang berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang - Door Duistermis tot Licht.
Sebenarnya R.A.Kartini adalah seorang putri dari Bupati Jepara. Maka, pada jamannya itu, sebenarnya Ia sudah mendapat pengajaran di sekolah dengan cukup daripada perempuan-perempuan lain.
Ia yang sangat suka membaca buku tentang kemajuan wanita menjadi merasa ada sesuatu yang kurang pada wanita jamannya itu. Pada saat itu, kaum wanita hanya boleh bersekolah pada sekolah dasar. Inilah awal perjuangan Ibu Kartini untuk memajukan wanita sampai sekarang.
Sayangnya, dalam usia yang sangat muda, beliau sudah meninggal, beliau meninggal pada umur ke-25, pada saat melahirkan putranya.

Teman2 semua, khususnya yang perempuan, coba yuk kita refleksikan sampai dimana perjuangan kita sebagai seorang wanita di saat ini. Kita yang sudah kuliah saja masih sering bermalas-malasan, bayangkan jika kita masih seperti dahulu, kita tak mungkin bisa maju seperti sekarang.
Sedikit mengulas masa lalu, senang rasanya pada saat sekolah dahulu, setiap Hari Kartini kita sering sekali menggunakan baju-baju adat di sekolah dan itu menjadi acara tahunan. Tapi sayang sekali, semakin ke sekarang, semua kebiasaan itu semakin berkurang, sekarang tidak ada lagi 'greget' di Hari Kartini, yang ada hanya berita-berita, iklan-iklan, dan ucapan-ucapan yang hanya menjadi selewatan saja. Semoga bangsa ini terus bisa mengingat semua karya para pejuangnya. Maju Terus Wanita Indonesia!!

"Bangsa yang besar adalah Bangsa yang menghargai para pejuangnya" Ir.Soekarno

Tidak ada komentar:

Posting Komentar