Selasa, 27 April 2010

Ga Cuma Pempek yang Ada di Palembang

Kali ini Pecindo mau ngebahas soal makanan, hmmm.. Siapa sih yang ga suka makanan enak? Pasti semua orang suka. Makanya kita akan bahas makanan2 enak dari kampung halamannya Angel yaitu Palembang (SumSel).

Biasanya kalo denger kata Palembang, orang-orang akan mengingat Pempek, kudapan dari bahan dasar ikan yang biasa dimakan dengan kuah asam (kalo orang Palembang nyebutnya "cuka"), padahal masi banyak makanan enak lainnya yang ada di Palembang.

Masih berbahan dasar ikan, rasanya juga kaya pempek (tapi yang belum digoreng), cuma yang ini pake kuah kaldu udang. Di dalem kuahnya ada bengkoang, jamur kuping, dan lainnya. Namanya tekwan. Kalo yang suka sama tahu ada juga yang namanya model, kuahnya sama tapi di dalem pempeknya ada tahu. Paling enak dimakan kalo lagi dingin-dingin..



Buat yang doyan mie, Palembang juga punya menu andalan yang harus dicoba, yaitu Mie Celor, mie-nya rada gede dan yang unik adalah kuahnya itu dari santan yang dikasi kaldu udang. Waktu disajikan ada potongan udang rebus dan telor rebus. This is highly recommended!



Kalau Thailand punya TomYamKung, Palembang punya Pindang. Rasanya asem pedes, kata orang2 mirip ama TomYam tapi yang ngebedain adalah Pindang menggunakan rempah2 asli Indonesia, jadi rasanya juga Indonesia banget. Biasanya ada 3 jenis, yaitu Pindang Ikan (Ikan Baung, Ikan Belida, Ikan Patin), Pindang Iga Sapi, dan Pindang Udang. Semua tergantung selera. Kuahnya yang coklat diberi potongan nanas, tomat cung (tomat yang kecil2), cabe rawit, daun kemangi bikn tambah seger.
Tambah seru lagi kalo dimakannya sama Ikan Seluang, ikan yang besarnya hanya se-jari telunjuk, yang digoreng kering. Hmmm. Yummy!



Oya, ada juga Pepes Tempoyak, ini cuma ada di Palembang. Pepesnya bisa pake ikan patin, ikan baung, ikan belida, atau udang. Tempoyak itu adalah duren yang di-fermentasi (bahasa gampangnya: dibusukkin). Ga semua orang doyan sih, tapi ini enak banget! Harus dicoba kalo ke Palembang.

Daritadi ngomongin makanan mulu, kayanya seret kalo ga dikasi minum. Kalo di Palembang, harus nyoba yang namanya Es Kacang Merah (Es Mamat), kacang merah dicampur tape, alpukat ditambah es serut dan sirup serta susu kental manis, bikin tenggorokan seger banget.


Sebenernya masih banyak makanan lainnya, seperti pempek tunu (pempek panggang), lenggang, celimpungan, laksa, burgo, dsb..

Penasaran kan? Makanya daripada ke luar negri, mending keliling Indonesia dulu, masih banyak lho tempat di Indonesia yang ga kalah menarik ama di luar negri, selain itu kan kita juga bisa nyobain kuliner ala Indonesia.

"makanan wong kito lemak galonyo, pacak gemuk kau kalo kesini"
(makanan kita enak semua, bisa gendut kalo kamu kesini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar